Senin, 31 Desember 2012

SRI PUJA ATAU COMA RIBEK

Bhagawadgita III.11 (sloka 3.11) devan bhavayatanena  te deva bhavayantu vah   parasparam bhavayantah   sreyah param avapsyatha " para dewa,sesudah dipuaskan dengan korban korban suci,juga akan memuaskan engkau.Dengan demikian melalui kerjasama antara manusia dengan para dewa,kemakmuran akan berkuasa bagi semua"

Bhagawadgita III.12 (sloka 3.12) istan bhogan hi vo deva  dasyante yajna - bhavitah  tair dattan apradayaibhyo  yo bhunkte stena eva sah  " Para dewa mengurus berbagai kebutuhan hidup.Bila para dewa dipuaskan dengan pelaksanaan yajna (korban suci),mereka akan menyediakan segala kebutuhan untukmu. Tetapi orang yang menikmati berkat berkat itu tanpa mempersembahkannya kepada para dewa sebagai balasan adalah pencuri"

Bhagawadgita III.16 (sloka 3.16) evam pravartitam cakram  nanuvartayatita yah  aghayur indriyaramo  mogham partha sa jiwati.  " Arjuna yang baik hati, orang yang tidak mengikuti sistem korban suci tersebut yang ditetapkan dalam VEDA pasti hidup dengan cara yang penuh dosa.Sia sialah kehidupan orang seperti itu yang hanya hidup untuk memuaskan indria indria.

SRI PUJA adalah hari khusus untuk memuliakanDEWI SRI,Sakti WISNU. Hari ini jatuh pada Coma(senin) Pon wara Sinta atau sering disebut Hari Coma Ribek. Pemujaan ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudan Sanghyang Tri Premana.,berwujud Dewi Sri. Tuhan Wisnu dalam pemeliharaan alam semesta seluruh ciptaan beliau menyediakan seluruh kebutuhan ciptaanya.
Atas karunia yang tidak tak terbatas manusia berkewajiban mensyukurinya.Sebagai perlambang kemakmuran dipakai padi yang menjadi kebutuhan dasar hampir semua ciptaan beliau yang bernyawa.Semut,rayap,tikus,ayam,juga manusia.,bahkan hampir semuanya menyukai beras padi .  Begitu juga Tuhan Pemberi Anugerah Selalu dipuja,dicari,dan memberi hidup senantiasa.

Bermacam cara umat manusia dan seluruh alam melakukanya seperti :
  • Mengerjakan puasa tidak menjual beras, menjual padi, menurunkan padi, sebagai ungkapan syukur atas berkah yang diterima.
  • Mempersembahkan seperti: Nyahnyah gringsing, geti geti,byu mas, canang ajuman, yang dilengkapi dengan wangi wangian,(dikutip dari kalender karya Drs. I Nyoman Singgin Wikarman )(Alm).
  • Hari ini Coma Ribek sering dipakai sebagai pedewasaan memulai suatu pekejaan/usaha seperti berdagang dll.
  • Puja dan persembahan dilaksanakan di tempat tempat beliau distanakan seperti di Lumbung Padi, Tempat Beras.
  • Di Parhyangan dilaksanakan doa puja dan puji,Sembahyang bersama.
Berhasil Melaksanakan salah satu saja kewajiban  sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan kiranya tidak disalah tapsirkan Hari Sri Puja itu.

Tidak ada komentar: