Rabu, 07 November 2012

BHISAMA LELANGIT WARGA KAYUSELEM


  1. Prasasti Babad Kayu Selem (palet 51 pawos 4); Kanget Akna Hayuwe lupeng Wara-warah saprapti santananta sanggwanya wkas ring dikdas desa,doh parek dadinya dating juge,naturang wali,kunang walinira kalaning Tileming Kadasa.Haywa ngimpasin wali,yan ana santanenta tan anindih aken titi gegaduhan ya dudu sentana,ngutang sesana,moga moga ya amingsor kena sodan ingsun,sugih gawe kurang pangan selampah lakunya,tan amangguh aken ayu,mentik mentik pungel mangkana kengetakna sedaya”
Penjelasan; Beritahukanlah pada seluruh keturunanmu,dimanapun mereka berada,jauh maupun dekat,agar datang menghaturkan puja walipada hari Tilem Kedasa,jangan menghindari hari itu dan jika ada keturunanmu yang tidak mematuhi petuahku,mereka bukanlah keturunanku dan menghindari kewajibanya,semoga mereka itu sengsara dan kena kutukanku,banyak kerja tidak ada hasil,segala diperbuat tidak menemukan keselamatan,akan maju kena kegagalan.ingatlah petuahku seluruh keturunanku.
  1. Prasati Babad Kayu selem  (palet 52 pawos 4) : Apan wus mentik kayu ireng araning kahyanganku Pura Kayu Selem,Mangkan riwekasan”.................(palet 53 pawos 4) : Yan ana mentik wandhirahaneng Gwa Song cihnaya manira dintho a tirtha gumana,inguni purwana,saking rikaku anasidhi maka rastu tan pgatan mu upajiwa amangguh wiryastan dintho wastu purna”
Penjelasan; Bilamana telah tumbuh pohon kayu berwarna hitam di Gwa Song berikan nama kahyanganku itu Pura Kayu Selem..............Dan bila tumbuh kayu beringin di kahyanganku di Gwa Song itu berarti manira telah disunya taya dan telah berkenan melaksanakan tirtha gumana, dari sanalah aku doakan,agar kamu semua berhasil selamat,tidak kekuranangan mata pencaharian,senantiasa dalam kelanggengan dan kesempurnaan.
  1. Menurut Pabancangah/Prasasti Lontar Bali Mule Bali Aga no.23/a Sowe :Sire Bhujangga Bali mengenaken yogha tapa dhyana semadhi ring sewewidang Tampurhyang,hana ingucap Bukit Luhur ngaran Gwa Song ring Songan , drika sire Bhujangga Bali hangwangun asrama mengenaken yogha tapa semadhi ring wiwaraning giha humarep wetan titanen hana amasa luwih sapta dinten.
Penjelasan ; Bhujangga Bali itu ( yang dimaksud Mpu Kamareka) membangun asrama dan melaksanakan yogha tapa semadhi di wilayah Tampurhyang di tempat yang agak tinggi (Bukit Luhur) yang bernama Gwa Song di Songan menghadap ke timur,sekitar lamanya satu tahun tujuh hari.
  1. Prasasti Babad Kayu Selem (palet 53 pawos 2) ; Yan angaturana wali Idha Bhatara, kenget akna angaturaken Widhi Widana luwirnya: suci asoroh sarwa selem,itik selem jambul mulus,dulurin guru piduka,pengastawa katur ring Ida Bhatara Wisnu Saha Mpu Kamareka.”
Menyimak dari kutipan tersebut di atas merupakan kewajiban kita semua Warga pasek Kayu selem untuk selalu bakti, kapan dan dimanapun kita berada.

Tidak ada komentar: