Sabtu, 22 Desember 2012

YANG MANAKAH PURA KAWITAN WARGA PASEK KAYUSELEM


Kayuselem nama atau sebutan yang sudah tidak asing dikalangan umat Hindu di Bali. Sebutan atau istilah seperti Warga Kayuselem,Pasek Kayuselem, atau Warga Pasek Kayuselem atau sebutan sebutan yang lain ditempatkan di depan atau di belakang kata Kayuselem sangat berkembang di Bali.Karena begitu banyak istilah atau sebutan yang berkembang hingga timbul pertanyaan. Yang Manakah yang Benar???? Meskipun begitu RO-Q belum membahas hal tersebut. Ada Hal yang lebih dari itu yang mesti di ketahwi oleh warga masyarakat yang memiliki kerterkaitan dengan Kayuselem.

Banjar Kayu Selem merupakan salah satu desa dari Desa Songan yang terletak jauh di balik pegunungan bukit songan, antara desa songan dan Desa Kayu Selem di hubungkan oleh satu jalan yang medanya sangat terjal kemiringan jalanya hampir mencapai 45 derajat sehingga sangat berbahaya jika  di tempuh dengan kendaraan. Namun bagi masyarakat Desa Kayuselem  itu merupakan  satu satunya akses jalan  menuju banjar desa  tesebut mau tidak mau harus di tempuh dengan keberanian dimana harus menanggung resiko yang sangat terjal dan mengadu nyali untuk menuju daerah tersebut.
Kenyataan tersebut tidak hanya dialami oleh warga masyarakat Desa Kayuselem yang betempat tinggal di desa tersebut.Tetapi juga Warga masyarakat Hindu di Bali terutama yang memiliki keterkaitan dengan Kayuselem.

Di daerah tersebut berdiri bangunan pura yang diberi nama Pura Kawitan Warga Pasek Kayuselem, pura pemujaan khusus bagi warga Pasek Kayuselem. Disamping kirinya juga berdiri bangunan pura,konon merupakan pura pemujaan Umum bagi seluruh umat hindu..  Pura pura dengan mengambil nama Kayuselem tidak hanya kita temukan di daerah tersebut. Di beberapa tempat juga ada bangunan pura yang mengambil nama Kayuselem.

Sebelum kita lebih mendalam kita amati sejenak dengan sebutan Pasek Kubakal, nah kalau kita lihat Pasek Kubabal cikalbakalnya dimulai dari sebuah tempat yang bernama Kubakal. Ada juga sebutan Pasek Gelgel. Telusur demi telusur cikalbakalnya mulai dari tempat yang bernama Gelgel.Atau sebutan sebutan yang lain lebih banyak diambil dari nama tempat.
Dari pengamatan yang cukup sederhana RO-Q mengambil suatu kesimpulan bahwa sebutan yang memiliki keterkaitan dengan Kayuselem tentu memiliki hubungan dekat dengan Tempat yang namanya Kayuselem.Sebagai Preti sentana Pasek Kayuselem mungkinkah masih ada yang menanyakan dimana  Pura Kawitan Pasek Kayuselem??? Dari pengamatan itu semoga merupakan anugerah dari Bhatara Lelangit Kayuselem.

Tidak ada komentar: