Senin, 12 November 2012

PEDOMAN SEMBAHYANG HINDU


Puja Mantra/Doa Dalam Sembahyang
Urut-urutan Sembahyang
Urutan-urutan sembah baik pada waktu sembahyang sendiri ataupun sembahyang bersama yang dipimpin oleh Sulinggih atau seorang Pemangku adalah seperti di bawah ini:

1. Sembah puyung (sembah dengan tangan kosong)
Mantram:
artinya:
Om atma tattvatma suddha mam svaha.
Om atma, atmanya kenyataan ini, bersihkanlah hamba.

2. Menyembah Sanghyang Widhi sebagai Sang Hyang Aditya
Mantram:
Artinya:
Om Aditisyaparamjyoti,
rakta teja namo'stute,
sveta pankaja madhyastha,
bhaskaraya namo'stute
Om, sinar surya yang maha hebat,
Engkau bersinar merah,
hormat padaMu, Engkau yang berada di tengah-tengah teratai putih,
Hormat padaMu pembuat sinar.
Sarana

3. Menyembah Tuhan sebagai Ista Dewata pada hari dan tempat persembahyangan
Ista Dewata artinya Dewata yang diingini hadirnya pada waktu pemuja memuja-Nya. Ista Dewata adalah perwujudan Tuhan dalam berbagai-bagai wujud-Nya seperti Brahma, Visnu, Isvara, Saraswati, Gana, dan sebagainya. Karena itu mantramnya bermacam-macam sesuai dengan Dewata yang dipuja pada hari dan tempat itu. Misalnya pada hari Saraswati yang dipuja ialah Dewi Saraswati dengan Saraswati Stawa. Pada hari lain dipuja Dewata yang lain dengan stawa-stawa yang lain pula.
Pada persembahyangan umum seperti pada persembahyangan hari Purnama dan Tilem, Dewata yang dipuja adalah Sang Hyang Siwa yang berada dimana-mana. Stawanya sebagai berikut:
Mantra
Artinya:
Om nama deva adhisthannaya,
sarva vyapi vai sivaya,
padmasana ekapratisthaya,
ardhanaresvaryai namo namah
Om, kepada Dewa yang bersemayam pada tempat yang tinggi,
kepada Siwa yang sesungguhnyalah berada dimana-mana,
kepada Dewa yang yang bersemayam pada tempat duduk bunga teratai sebagai satu tempat,
kepada Adhanaresvari, hamba menghormat
Sarana

4. Menyembah Tuhan sebagai Pemberi Anugrah
Mantra
Artinya:
Om anugraha manohara,
devadattanugrahaka,
arcanam sarvapujanam
namah sarvanugrahaka.
Deva devi mahasiddhi,
yajnanga nirmalatmaka,
laksmi siddhisca dirghayuh,
nirvighna sukha vrddhisca
Om, Engkau yang menarik hati, pemberi anugerah,
anugerah pemberian dewa,
pujaan semua pujaan, hormat pada-Mu pemberi semua anugerah.
Kemahasidian Dewa dan Dewi, berwujud yadnya, pribadi suci, kebahagiaan, kesempurnaan, panjang umur, bebas dari rintangan, kegembiraan dan kemajuan
Sarana

5. Sembah puyung (Sembah dengan tangan kosong)
Mantram:
artinya:
Om deva suksma paramacintyaya nama svaha
Om, hormat pada Dewa yang tak terpikirkan, yang maha tinggi, yang gaib.

Setelah persembahyangan selesai dilanjutkan dengan mohon tirta dan bija.


PEDOMAN SEMBAHYANG MENURUT HINDU BALI

1. Sikap sempurna (asana)
Om parasada sthiti Çarira Çiwa sici
Nirmala ya namah swaha.
(Oh Hyang Widhi dalam wujud Siwa, suci tak ternoda, hormat hamba, hamba telah duduk dengan tenang )
2. Peranayama (pengaturan nafas)
a. Puraka (tarik nafas)
Om Ang Namah
(Oh Hyang Widhi dalam aksara Ang pencipta hamba hormat)
b. Kumbaka (tahan nafas)
Om Ung namah
(Oh Hyang Widhi dalam aksara Ung pemelihara hamba hormat)
c. Recaka (keluarkan nafas)
Om Mang namah
(Oh Hyang Widhi dalam aksara Mang pelebur, hamba hormat)
3. Puja untuk Dupa
Om Ang dupa dipastru ya namah
(Oh Hyang Widhi hamba persembahkan dupa ini)
4. Menyucikan kembang dengan puja manta
Om Puspa danta ya namah
(Oh Hyang Widhi semoga puspa ini suci putih bagaikan gigi)
5. Kramaning sembah
a. Sembah puyung/tangan kosong
Om atma tattwatma suddhamam swaha
( Om atma, atmanya kenyataan ini bersihkanlah hamba)
b. Menyembah Sang Hyang Widhi sebagai Sang Hyang Aditya dengn bunga
Om adityasyaparam jyoti,
Rakta teja namo’stute
Sweta pankaja madyasthe,
Bhaskaraya namo stute.
(Om sinar surya yang maha hebat,Engkau bersinar merah,hormat,padaMU Engkau yang berada ditengah teratai putih, hormat pada Mu pembuat sinar.)
c. Menyembah Tuhan sebagai Ista Dewata dengan kembang/kwangen
Om nama dewa adhisthanaya,
Sarwa wyapi waisiwaya,
Padmasana eka prastisthaya,
Ardhanareswaryai nama namah.
(om kepada dewa yang bersemayam pada tempat yang tertinggi,kepada Çiwa yang sesungguhnyalah berada dimana-mana, kepada dewa yang bersemayam di tempat duduk bunga teratai sebagai satu tempat kepada ardhanareswari hamba menghormat)
d. Menyembah Tuhan sebagai pemberi anugrah dengan kuwangen:
Om Anugraha manohara,
Dewadattanugrahaka,
Ancanam sarwa pujanam,
Namah sarwanugrahaka,
Dewa dewi maha sidhi,
Yajnanga nirmalatmaka,
Laksmi siddhiscadirgahayuh,
Nirwighna sukha wrddhisca
(Om anugrah yang menarik hati, anugrah yang diberikan para dewa, pujaan semua pujaan, hormat pada Mu memberi semua anugrah. Dewa dewi yang sangat bersih berbadan Yajna, berkepribadian suci, kebahagiaan kesempurnaan panjang umur, tiada rintangan gembira dan kemajuan.)
e. Sembah puyung:
Om dewa suksme pramacintya ya
Namah swaha.
(om hormat pada dewa yang tak terpikirkan yang maha tinggi yang gaib.)
6. Metirtha (Pemercikan Tirta):
a. Pemercikan tirtha pembersihan/pengelukatan:
Om pratama sudha,dwitya sudha,tritya sudha, catur sudha,
Pancamini sudha,sudha-sudha wariastu.
b. Pemercikan tirtha wasupada (pemercikan tiga kali):
1) Om ang Brahma amertha ya namah,
Om ung wisnu amertha ya namah,
Om mang iswara amertha ya namah
(Oh Yang Widhi bergelar Brahma, Wisnu Iswara hamba memujaMU semoga dapat memberikan kehidupan,dengan tirtha ini. )
2) Minum tirtha tiga kali:
Om sarira paripurna ya namah,
Om ang ung mang sarira sudha,
Pramantya ya namah,
Om um ang samo sampuran ya namh,
3) Meraup,percikan tirtha ke muka:
Om Çiwa amertha ya namah,
Om sadha Çiwa amertha ya namah,
Om prama Çiwa amertha ya namh,
(oh Yang Widhi (Çiwa , sudha Çiwa prama Çiwa) hamba memujaMU semoga memberi amertha pada hamba)
7. Memasang bija:
a. Bija untuk didahi:
Om Çriyam Bhawantu
(Oh Yang Widhi , semoga kebahagian meliputi hamba)
b. Bija dibawah tenggorokan:
Om sukham bhawantu,
(Oh Yang Widhi semoga kesenangn selalu hamba peroleh)
c. Bija untuk ditelan:
Om Purnam bhawantu,
Om ksama sampurna ya namah swaha
(Oh Yang Widhi semoga kesempurnaan meliputi hamba, Oh Yang Widhi semoga semuanya menjadi bertambah sempurna)
8. Meninggalkan tempat suci:
Om ksama swanam Mahadewa,
Sarwa prani hitang kara mamoco sarwa papebyah,
Palayaswa sadha Çiwa.
(Oh Yang Widhi,Mahadewa pencipta segala makhluk, ampunilah dosa hamba, bebaskan hamba dari segala macam dosa, lindungilah dan tutunlah hamba kejalan yang benar Oh Yang Widhi sadha Çiwa )

Rabu, 07 November 2012

BHISAMA LELANGIT WARGA KAYUSELEM


  1. Prasasti Babad Kayu Selem (palet 51 pawos 4); Kanget Akna Hayuwe lupeng Wara-warah saprapti santananta sanggwanya wkas ring dikdas desa,doh parek dadinya dating juge,naturang wali,kunang walinira kalaning Tileming Kadasa.Haywa ngimpasin wali,yan ana santanenta tan anindih aken titi gegaduhan ya dudu sentana,ngutang sesana,moga moga ya amingsor kena sodan ingsun,sugih gawe kurang pangan selampah lakunya,tan amangguh aken ayu,mentik mentik pungel mangkana kengetakna sedaya”
Penjelasan; Beritahukanlah pada seluruh keturunanmu,dimanapun mereka berada,jauh maupun dekat,agar datang menghaturkan puja walipada hari Tilem Kedasa,jangan menghindari hari itu dan jika ada keturunanmu yang tidak mematuhi petuahku,mereka bukanlah keturunanku dan menghindari kewajibanya,semoga mereka itu sengsara dan kena kutukanku,banyak kerja tidak ada hasil,segala diperbuat tidak menemukan keselamatan,akan maju kena kegagalan.ingatlah petuahku seluruh keturunanku.
  1. Prasati Babad Kayu selem  (palet 52 pawos 4) : Apan wus mentik kayu ireng araning kahyanganku Pura Kayu Selem,Mangkan riwekasan”.................(palet 53 pawos 4) : Yan ana mentik wandhirahaneng Gwa Song cihnaya manira dintho a tirtha gumana,inguni purwana,saking rikaku anasidhi maka rastu tan pgatan mu upajiwa amangguh wiryastan dintho wastu purna”
Penjelasan; Bilamana telah tumbuh pohon kayu berwarna hitam di Gwa Song berikan nama kahyanganku itu Pura Kayu Selem..............Dan bila tumbuh kayu beringin di kahyanganku di Gwa Song itu berarti manira telah disunya taya dan telah berkenan melaksanakan tirtha gumana, dari sanalah aku doakan,agar kamu semua berhasil selamat,tidak kekuranangan mata pencaharian,senantiasa dalam kelanggengan dan kesempurnaan.
  1. Menurut Pabancangah/Prasasti Lontar Bali Mule Bali Aga no.23/a Sowe :Sire Bhujangga Bali mengenaken yogha tapa dhyana semadhi ring sewewidang Tampurhyang,hana ingucap Bukit Luhur ngaran Gwa Song ring Songan , drika sire Bhujangga Bali hangwangun asrama mengenaken yogha tapa semadhi ring wiwaraning giha humarep wetan titanen hana amasa luwih sapta dinten.
Penjelasan ; Bhujangga Bali itu ( yang dimaksud Mpu Kamareka) membangun asrama dan melaksanakan yogha tapa semadhi di wilayah Tampurhyang di tempat yang agak tinggi (Bukit Luhur) yang bernama Gwa Song di Songan menghadap ke timur,sekitar lamanya satu tahun tujuh hari.
  1. Prasasti Babad Kayu Selem (palet 53 pawos 2) ; Yan angaturana wali Idha Bhatara, kenget akna angaturaken Widhi Widana luwirnya: suci asoroh sarwa selem,itik selem jambul mulus,dulurin guru piduka,pengastawa katur ring Ida Bhatara Wisnu Saha Mpu Kamareka.”
Menyimak dari kutipan tersebut di atas merupakan kewajiban kita semua Warga pasek Kayu selem untuk selalu bakti, kapan dan dimanapun kita berada.